Minggu, 30 September 2012

Resensi (tugas pak Masrul)



Nama : Rizka Chairani
Kelas : XII IPA 4
Resensi B. Indonesia


Judul                          : HIPERTENSI. Pengendalian lewat Vitamin, Gizi, dan Diet
Penulis                        : Leonard Marvyn BSc, PHd, C. Chen, FRSC     
Penerbit                      : Arcan
Kota tempat terbit     : Jakarta
Tahun terbit               : 1987
Tebal halaman           : 114 halaman (termasuk cover)


 
            Buku “HIPERTENSI. Pengendalian lewat Vitamin, Gizi, dan Diet” ini adalah buku pengetahuan  non-fiksi yang membahas tentang penyakit hipertensi yang semakin meningkat akhir-akhir ini. buku ini adalah terjemahan dari buku “High Blood Pressure”. Buku yang merupakan karya Leonard Marvyn BSc, PHd, C. Chen, FRSC ini dibuat untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas apa itu penyakit Hipertensi dan pencegahan atau pengendalian nya.

            Buku ini sejenis buku saku atau buku pegangan karena bentuknya yang tidak terlalu besar dan juga pada covernya terdapat ilustrasi tengkorak yang disertai tulisan ’10.000 Volt’ dan juga tanda listrik bertegangan tinggi yang menandakan kalau orang yang mempunyai penyakit hipertensi mudah naik tekanan darah dan emosinya. Hipertensi atau lebih penyakit darah tinggi tiap tahun jumlahnya semakin meningkat. Bagi banyak orang, tekanan darah tinggi (hipertensi) sudah bukan lagi sekedar keluhan kronis melainkan suatu jalan hidup; jalan hidup yang bergantung pada obat-obatan dan kunjungan teratur ke dokter untuk resep ulang dan check up.

            Dilihat dari segi bahasa, buku ini telah di terjemahkan dengan baik oleh translator nya yaitu F.X. Budiyanto. Bahasa yang sudah diterjemahkan disesuaikan dengan bahasa indonesia yang runtun dan mudah dimengerti dan dipahami. Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu berat seperti bahasa atau istilah ilmiah. Pada beberapa pembahasan juga dilengkapi bagan atau tabel untuk memudahkan pembaca memahami maksud penulis.

            Di dalam buku ini di bahas tentang apa itu hipertensi, penyebab, pengendalian dengan vitamin dan gizi juga pengendalian dengan diet. Cara pengendalian juga lengkap dengan anjuran yang teratur sehingga buku ini juga bisa dijadikan pegangan atau bacaan untuk orang yang sedang menderita penyakit hipertensi.

            Seperti halnya buku-buku lain, buku ini pun mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kelebihan buku ini adalah buku ini bisa dibaca dan dipahami semua umur. Sehingga siapa saja bisa memperoleh pengetahuan tentang hipertensi. Dan kekurangan nya adalah buku ini terbitan tahun 1987 dan kemungkinan buku yang persis seperti ini sudah tidak di produksi lagi. Jadi mungkin buku ini tidak dapat ditemui lagi di toko buku. Tapi barangkali anda bisa menemukan nya di perpustakaan umum atau pun perpustakaan khusus keshatan (perpustakaan di fakultas kedokteran). Tapi sepertinya buku tentang hipertensi yang lebih lengkap dari buku ini atau yang edisi terbaru dapat dengan mudah ditemui di toko buku.

            Jadi kesimpulan nya buku ini layak dan wajib dibaca untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang hipertensi. Sehingga jumlah penderita dan kematian akibat hipertensi dapat ditekan dan diturunkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar