Sabtu, 21 November 2015

Resmi Jadi Anggota!

Literature Optical Cinema adalah satu-satunya komunitas yang aku ikuti di fakultas. LOC adalah komunitas yang menaungi orang-orang yang memiliki ketertarikan menonton dan membuat film pendek. Aku bergabung di komunitas ini saat semester 3. Setelah mendaftar, kami diberikan materi tentang pembuatan film mulai dari synopsis, script, crew dan alat-alat yang digunakan untuk pembuatan film. Setelah semua materi diberikan, kami dibagi 3 kelompok dan diberikan tugas untuk membuat 1 film pendek. Kamipun mendiskusikan crew dan jobdesc masing-masing orang. Kami diberikan waktu sekitar 1 bulan lebih untuk pra-produksi, eksekusi dan editing. Saat pembuatan film, banyak sekali hal yang terjadi. Debat, perselisihan dan eksekusi yang sangat melelahkan fisik dan pikiran. Setelah pembuatan film selesai, kamipun merencanakan tanggal untuk pelantikan anggota baru. Setelah berembuk dan diputuskanlah kami akan melaksanakan dan mengikuti pelantikan pada bulan maret 2015 di Batukuda, kawasan Gunung Manglayang.

Pada maret 2015, satu hari sebelum keberangkatan ke gunung, aku dan temen-temen yang lain mempersiapkan barang dan kebutuhan yang perlu dibawa. Sabtu pagi, keesokan harinya, kami berkumpul di gerlam sambil menunggu teman-teman yang lain. Setelah semua berkumpul, kami dan para senior LOC pun naik angkot untuk sampai di Batukuda.  Jalan yang berbatu dan menanjak kami lewati pagi itu. Sesampainya di gerbang Batukuda, kami turun dan segera berjalan menuju campground dan tenda yang sudah dipersiapkan. Batukuda lumayan ramai oleh orang-orang dan anak TK yang sedang berkegiatan di sana.








Kami beristirahat dan makan siang. Nasi ayam dan sayur menjadi menu makan kami siang itu. Setelah selesai makan siang, kamipun dikumpulkan dan diberikan games untuk mencari kakak2 LOC yang sudah stay di suatu tempat. Aku, panda, fathia dan ka agung tergabung di dalam 1 kelompok. Kami memulai perjalanan dan menyusuri jalan yang sangat sangat jauh. Entah karena petunjuk yang kurang jelas ataupun kami yang ngide untuk buat jalur baru. Kami nyasar sangat jauh waktu itu. Karena merasa lelah dan sudah sangat jauh berjalan, kamipun beristirahat sambil meluruskan kaki. Samar-samar terdengar suara kak ara berteriak menyebut nama kami. Kamipun membalas teriakan ka ara dan akhirnya mencoba mengikuti darimana asal suara tersebut. 










setelah berjalan akhirnya kami menemukan kak indra dan ternyata di situ adalah tempat tujuan kami yang sebenarnya. Kak indra pun menjelaskan tata cara game. Kami diharuskan mencari suatu kertas cover film yang sebelumnya synopsis film tersebut diberikan kepada kami. Namun, harus sambil dibuat dalam 1 video yang nantinya akan disatukan dan menjadi dokumentasi kami. Setelah selesai menemukan dan membuat video, kamipun kembali ke tenda dan beristirahat sebentar. Tak lama kemudian kamipun kembali bermain game. Kami diinstruksikan untuk membuat 1 storyboard dan nanti harus kami presentasikan. Aku lupa apa saja storyboard kami waktu itu. Tetapi, seingatku storyboard terbaik waktu itu adalah buatan kelompok Adi karena gambar yang bagus dan cerita yang menarik.

Matahari pun perlahan beranjak ke barat. Setelah mencuci muka, sholat dan istirahat, kamipun berkumpul untuk makan malam. Ngeliwet dan makan ramai-ramai. Namun, saat selesai makan, hujan perlahan membasahi kami. Kamipun pindah ke dalam tenda untuk agenda selanjutnya yaitu sharing. Hujan bertambah deras dan sangat gelap karena hanya senter lah penerangan kami waktu itu. 1 hal yang kami lupakan waktu itu. Yaitu, membuat jalan air di sekeliling tenda kami. Alhasil, air pun masuk ke tenda dan membanjiri seluruh sudut tenda. Hujan yang tak kunjung berhenti dan tenda yang penuh dengan air memaksa kami untuk turun dan menunggu hujan di warung sekitar. Dengan membawa barang maisng-masing, kami berjalan di jalan tanah yang sangat licin dan gelap tentu saja menyulitkan kami untuk turun menuju warung. Setelah sampai di warung kami duduk dan menunggu hujan tetapi hujan tak kunjung reda. Hari semakin malam saat perlahan hanya gerimis yang turun. Kami menghangatkan diri kami di pinggir api unggun sambil minum teh dan makan pop mie. Setelah kelelahan, kami pun menyusun matras dan tas juga mengatur posisi kami agar semua dapat tidur dengan nyaman. Kami pun dapat tidur dengan posisi ‘ikan sarden dalam kaleng’ dan jaket tebal menyelimuti kami karena udara sehabis hujan sangat menusuk malam itu.

Matahari perlahan muncul di ufuk timur. Kami pun bangun, sholat subuh, mencuci muka dan sikat gigi. Sambil menikmati udara pagi, kami melakukan peregangan otot agar badan terasa lebih segar. Untuk sarapan, kami menyeduh pop mie ataupun sereal yang masing-masing kami bawa. Sekitar jam 9 pagi, kami dipanggil untuk berbaris dan diperintahkan untuk melepaskan tangan kami yang sebelumnya sudah disusun oleh kak ara. Dan ternyata kami tidak bisa melepaskan tangan kami. Kak ara pun marah karena kami tidak dapat menyelesaikan perintah dengan baik. Dalam posisi push-up, kami disuruh push-up beberapa seri dan akhirnya ‘diceramahin’ karena ga bisa menyelesaikan hal yang sangat mudah tadi. Tapi ternyata…itu semua hanya drama. Setelah selesai push up, kami disuruh berdiri dan balik badan. Kakak2 LOC sudah berdiri di situ dan memegang banner bertuliskan yang intinya menyambut kami sebagai anggota baru LOC. WAW. Kami lumayan terkejut lah ya hehe. Akhirnya kami resmi menjadi anggota LOC dan resmi punya kemeja ‘tugas’ LOC. HYEAY.

Setelah berfoto, kamipun beres2 dan bersiap untuk pulang. Kami turun menggunakan angkot yang sebelumya kami pakai untuk sampai di Batukuda. Yeay! Literature Optical Cinema gen. 2!














resmi jadi anggota LOC yeay

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar