Langsung ke konten utama

Kuliah Lagi?

Jumat tanggal 15 Desember kemarin, merupakan satu dari sekian hari paling melegakan dan membahagiakan dalam hidupku. Kenapa? Tanggal 15 desember tersebut merupakan tanggal pengumuman penerimaan SMUP S2! Awalnya sih ga kepikiran sama sekali untuk melanjutkan kuliah lagi. Setelah sidang skripsi awal agustus dan wisuda November kemarin, emang belum kepikiran sih akan ngapain selanjutnya. Pengennya kerja dulu tapi orang tua bilang coba untuk lihat-lihat penerimaan S2 di UNPAD atau di kampus lain. Yaudah aku mikirnya mumpung orang tua mau dan mampu untuk membiayai aku untuk kuliah lagi, kenapa nggak?

Ada perasaan cukup menyesal kenapa aku baru buka website dan mengurus pendaftaran & persyaratan cukup mepet waktunya padahal aku sudah diperingatkan untuk mengecek website jauh sebelum pendaftaran dibuka. Hingga aku keteteran untuk mengikuti tes TKA dan TKBI. Untung saja untuk tes TKBI aku bisa meng-konversi sertifikat TOEFL yang aku ikuti untuk persyaratan sidang akhir, jadi aku tidak perlu lagi untuk mengikuti tes TKBI. Untuk tes TKA, diadakan oleh BPIB Psikologi UNPAD di kampus psikologi UNPAD Dago. Ada dua pilihan jam diadakannya tes TKA. Pagi jam 8 dan siang jam 1. Tentu saja aku memilih siang. Sehari sebelumnya aku menginap di kosan Indah karena takut terlambat kalau harus dari Jatinangor. Tes TKA ini kurang lebih mirip dengan psikotest yang diadakan oleh lembaga-lembaga psikologi lain. Mengolah angka, mencerna kalimat, memutar-mutar gambar dan lain-lain. Cukup pusing sih ngerjain soalnya, karena terakhir aku ngerjain soal psikotes itu waktu SMA. Setelah mendapatkan hasil konversi TKBI dan mengikuti TKA, akhirnya aku bisa mendaftar SMUP. Setelah mengisi data diri dan mengupload ijazah & transkrip, aku diharuskan untuk mengupload ringkasan usulan proposal tesis. Bingung dong.. kuliah juga belum tapi udah disuruh bikin ringkasan dan draft penelitian tesis. Setelah nanyain ke senior aku dulu bagaimana cara membuat proposal tesis, katanya sih ya mirip aja dengan skripsi tapi bedain lah sedikit. Dan juga untuk proposal tesis yang sebenarnya tidak harus berpatok pada proposal yang dibuat pada saat mendaftar. Akhirnya setelah beberapa hari mengerjakan, ringkasan dan draft proposal tesis selesai. Dan lebih nekatnya lagi, aku benar-benar menyelesaikan pendaftaran di sekian jam menjelang penutupan!!! Lumayan panik sih karena sempat beberapa kali gagal saat mengupload ijazah dan transkrip nilai. Setelah beberapa kali resize dan mengganti mesin pencari yang digunakan, akhirnya semua file berhasil diupload dan mendapatkan kartu pendaftaran. Alhamdulillah..

Seminggu kemudian (2 Desember 2017), aku harus mengikuti tes wawancara yang diadakan di PSBJ UNPAD. Alhamdulillah lagi tidak ada hambatan saat diwawancara. Tapi tetap saja deg-degan takut salah ngomong ya saat menjawab pertanyaan pewawancara tadi. Pertanyaannya hanya seputar alasan melanjutkan kuliah S2, biaya dan sekilas tentang proposal tesis yang diajukan. Pengumuman kelulusan akan diumumkan dua minggu setelah itu (15 Desember 2017). Setelah memastikan tidak ada lagi hal yang harus aku urus berkaitan dengan S2, akupun pulang ke Jambi.

Akhirnyaaa.. hari pengumuman kelulusan pun datang. Sebenernya sih dari pagi gak begitu mikirin karena gamau jadi kepikiran dan stress, tapi menjelang sore mulai deg-degan. Karena gak mau panik sendirian, akupun membuat multichat di Line yang isinya aku dan dua temanku yang juga mengikuti seleksi S2 ini. Di grup WhatsApp juga mengabarkan bahwa pengumumannya sore tapi tidak disebutkan jam berapa. Aku dan dua temanku mengira sore tersebut adalah jam empat. Tapi saat jam sudah menunjukan pukul empat sore, website yang pengumuman kelulusan belum bisa diakses untuk melihat pengumuman. Tapi ternyata saat aku refresh lagi jam lima, website sudah menyediakan kolom nomor peserta dan tanggal lahir untuk melihat pengumuman. Hmmm deg-degan panas dingin!!! Akhirnya bismillah, isi nomor peserta dan tanggal lahir, dan…….. Alhamdulillah lulus!!! :”) lega aja rasanya melihat namaku dengan embel-embel lulus di website itu. Alhamdulillah… sorenya langsung ngasih tau ayah ibu dan yaap! Update instastory HEHEHE. Jadi mahasiswa lagi deh februari nanti. Alhamdulillah, jalani dan nikmati saja :”) bismillah, semoga semua lancar dan dua tahun dari sekarang berhasil mendapatkan gelar Master Humaniora :”)

Sampai jumpa di Graha Sanusi UNPAD DU dua tahun lagi teman-teman xDD



Komentar

  1. Selamat kak Rizka! Semoga sukses dengan jalan yang dipilih! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA AMPUN BLOG AKU MASIH ADA YG BACA! :'} Aamiinn yaAllah makasih ya dekmir kuu😘😘😘😘

      Hapus
  2. Selamat siang, mau tanya konversi tkbi ke unpad itu nomor sertifikat toefl ny yang bagian mana ya? dan yang di upload sertifikat yang mana ya? Terima kasih ya atas bantuan dan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lagi bingung mau konversi, tapi koq gk ada panduan mana nomor sertifikat dan mana yang harus di upload..
      Ditunggu ya balasan dan bantuannya 😁, terima kasih ya...

      Hapus
  3. mba klo ambil sertifikat TKA dimana ya nantinya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

my high school buddies and their first destination!

mau coba ngedata dimana aja anak DIE melanjutkan studi mereka. acak soalnya aku gak hapal absen and correct me if im wrong :)

1. ABDUL HASIB WIBISONO = Perminyakan,  Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jogja
2. ADRA UTAMI SALFIERIATY = PPA BCA
3. AGA FIR IKBAR = Teknik Mesin, Universitas Sriwijaya
4. AMRINA ROSADA = AKPER GAPU, Jambi
5. ANNIDA RANI CHAIRUNNISAH = Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Jambi
6. APRILISA ISWAHYUNI = Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahma
7. BUCHDIYAN = BINUS, tapi kemarin terakhir dengar bucek diterima di ITS. (gatau fakultas apa _--_)
8. CHESSY NABILA =  Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Jambi
9. FADHLAN MAULANA = Psikologi, Universitas Jambi
10. FADHOL YUDHAGAMA = Teknik Sipil, Universitas Islam Indonesia, Jogja
11. ELENA PUTRI = Pendidikan Kimia, Universitas Jambi
12. DWI RIFANDI = Pertambangan, Universitas Sriwijaya
13. INDAH MEDIANTI = Desain Interior, ITENAS
14. M. AGUNG PRASETYO = Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya
15. LISA TRI AYU…

Akhirnya Sampai di The Lodge Maribaya.

Haai! Jadi, kemarin (selasa, 6 desember 2016) Febri tiba-tiba ngeline nanyain aku beres kuliah jam berapa. Karena kemarin aku cuma 2 kelas dan selesai sekitar jam 11, dia tiba-tiba aja bilang “kelar kau kelas, jalan aja yuk. Bosen nih.” Hmm hehee Rizka sih ngikut2 aja kan ya, Feb. yaudah.. kelar kelas, ketemuan di ATM center, terus ke kosan aku bentar ngambil monopod kamera dia. Di jalan menuju kosan, Febri bilang “aku mau nunjukin sesuatu. Yang sangat berguna buat kau. Tapi nanti bae, habis ambil monopod.” Yaudah kan rasa penasarannya ditahan dulu. Begitu aku turun lagi sesudah ngambil monopod, di teras kosan dia bilang lagi “liat sana dulu, aku keluarin sesuatu yang sangat berguna untuk kau.” Begitu aku balik badan lagi, dan ternyata yang dia pegang adalah……. Tas untuk kamera dia. YA. Sangat berguna buat aku, Feb :) sebel kan ya ternyata dia diem-diem belanja  online tas kamera itu :/ WKWKWK
Sekitar jam 12, begitu selesai beres-beres isi TAS kamera BARU, kami pergi ke Bandung. Ya se…